Ikuti Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Kelautan dengan Total Hadiah Puluhan Juta

Potensi kelautan dan perikanan Indonesia tidak diragukan lagi. Potensi tersebut antara lain: (1) Luas laut Indonesia 3,1 juta km, dengan garis pantai 81.000 km dan 17.504 pulau (9.634 belu u u sehingga potensi ikan lestari sebesar 6,2 juta ton per tahun, (2) Perdagangan, 80% industri dan 75% kota besar berada di wilayah pesisir, (3) Jasa kelautan berupa transportasi laut, industri maritim, (4) Dari 60 Cekungan Migas Indonesia, 70% berada di laut, (5) Pada tahun 2005, perikanan tangkap sebesar ± 6,817 Juta ton ikan dan potensi lahan budidaya 1.137.756 Ha, (6) Pengembangan energi alternatif, seperti ombak dan angin.

Kenyataan, potensi tersebut belum banyak dimanfaatkan dan dikelola dengan baik sehingga beberapa isu/permasalahan yang terkait dengan pembangunan kelautan dan perikanan masih mengemuka. Isu/permasalahan tersebut, yaitu : (1) jumlah nelayan yang banyak (3,08 Juta pada tahun 2005), (2) pencemaran laut, (3) kerusakan ekosistem pesisir dan laut, (4) pencurian ikan (5) kemiskinan masyarakat pesisir, (6) kemampuan sumberdaya manusia nelayan masih rendah (7) bencana alam laut. Isu/permasalahan ini sering disampaikan ke forum ilmiah, seperti seminar, konferensi, temu karya. Namun demikian, hingga saat ini permasalahan itu masih ada. Oleh karena itu, ide, konsep, pemikiran maupun penelitian masih dibutuhkan dalam mendorong pembangunan kelautan dan perikanan Indonesia yang optimal dan berkelanjutan.

Oleh karena itu, Universitas Hang Tuah Surabaya sebagai Perguruan Tinggi yang memiliki Pola Ilmiah Pokok Kelautan berinisiatif untuk menangkap ide atau konsep maupun hasil penelitian/karya yang inovatif dalam mewujudkan Indonesia sebagai negara maritim yang makmur dan sejahtera melalui Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Kelautan (LKTIBK).

LKTIBK merupakan kegiatan penulisan ilmiah dari suatu hasil karya mahasiswa dalam pendidikan (praktek lapangan, KKN, PKM, magang kerja, dan lain-lain), penelitian dan pengabdian kepada masyarakat (kewirausahaan, dan lain-lain). LKTIBK juga diperuntukkan bagi para guru dan siswa yang memiliki karya ilmiah yang terkait dengan bidang kelautan dan perikanan.
Peserta lomba LKTIBK dapat berasal dari semua bidang kajian ilmu, meliputi: Bidang Kedokteran, Teknologi, Sosial, Budaya, Ekonomi dan Hukum.

Untuk panduan Lomba Karya Tulis Ilmiah Bidang Kelautan dapat diunduh pada link berikut ini: Panduan LKTI 2019

Leaflet Lomba Karya Tulis Ilmiah Bagi Kelautan

Leaflet Lomba Karya Tulis Ilmiah Bagi Kelautan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *