Masa Pandemi Bukan Berarti Tunda Skripsi

“Satu hari tunda skripsi sama dengan satu hari tunda resepsi” ujar salah satu mahasiswa skripsi TSP-UHT.

Kutipan motivasi pada kata pengantar salah satu skripsi mahasiswa TSP-UHT

Dalam situasi pandemi covid-19 ini banyak sektor kegiatan di seluruh dunia terancam terdampak sehingga terhambat atau bahkan terhentikan, salah satunya ialah sektor pendidikan. Seluruh masyarakat dihimbau untuk mengurangi aktifitas yang bersifat tatap muka dan berkerumun. Hal tersebut dilakukan agar meminimalisir resiko penyebaran covid-19.

Menanggapi himbauan tersebut, baru baru ini Prodi Teknik Sistem Perkapalan Universitas Hang Tuah (TSP-UHT) telah sukses menghadapi ancaman dampak pandemi covid-19 dengan melakukan ujian skripsi secara online atau dalam jaringan (daring).

Selama kurang lebih satu pekan, Mulai dari hari Selasa, 14 Juli 2020 hingga Jumat, 17 Juli 2020 sebanyak 21 mahasiswa TSP-UHT telah menyelesaikan ujian skripsi secara online hingga tuntas.

Suasana ujian skripsi online atau daring ditengah pandemi covid-19

Walaupun sudah dipersiapkan kendala teknis seperti jaringan internet lemah, volume yang kurang besar, kualitas gambar menjadi buruk beberapakali mengganggu selama proses ujian skripsi.

Salah satu mahasiswa TSP-UHT ketika melaksanakan ujian skripsi secara online atau dalam jaringan (daring), pada Kamis (16/7/2020).

“Padahal sebelum ujian sudah dipersiapkan dan dicoba tapi bagaimana lagi dosen dan mahasiswa sudah berusaha yang terbaik.” ujar Gatra salah satu peserta ujian skripsi.

Saat ini, setelah para mahasiswa skripsi melalui proses ujian dilanjutkan dengan proses perbaikan atau revisi, para dosen penguji akan melakukan penilaian dan hasil ujian skripsi secara online akan diumumkan pekan depan.