Tindak Lanjuti Kerjasama, 20 Mahasiswa Magang Industri di PT. Dua Sahabat Group

Teknik Sistem Perkapalan (TSP) mendukung penuh Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka besutan Menteri Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nadiem Anwar Makarim. Mahasiswa diberi keleluasaan untuk mengikuti program tersebut dalam berbagai hal. Saat ini, 20 mahasiswa TSP sedang menjalankan magang industri di PT. Dua Sahabat Group. Sebelumnya, Fakultas Teknik dan Ilmu Kelautan (FTIK) yang juga termasuk TSP melakukan kerja sama dengan perusahaan yang berkembang untuk pasar maritim tersebut.

Program MBKM merupakan salah satu poin kerjasama dengan perusahaan tersebut. Mahasiswa berkesempatan magang langsung dengan industri dan belajar di lapangan selama satu semester. Mahasiswa dibimbing langsung oleh jajaran manajemen dan para engineer PT. Dua Sahabat Group. Industri tersebut bergerak dalam produksi dan suplai komponen kapal seperti outfitting dan mesin bantu kapal. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang cukup bersaing dan berkembang di Indonesia. Lokasi produksinya di Sidoarjo sehingga masih dapat terjangkau dengan mudah oleh mahasiswa.

Di kegiatan ini, selain magang industri mahasiswa mendapatkan maanfaat baik dari segi pengetahuan, pengalaman, maupun materil. Mahasiswa juga diwajibkan membuat laporan harian, mingguan, dan akhir selama kegiatan berlangsung. Mahasiswa tampak antusias dan bersemangat mengikuti magang industri. “Ini kesempatan untuk mahasiswa TSP karena dapat belajar bekerja langsung dan mendapatkan pengalaman di industri apalagi perusahaan ini sedang berkembang”, ujar Bapak Urip Prayogi, S.T., M.T. sebagai Kaprodi TSP.

Leave a Reply