Kuliah Tamu “LNG Ship Technology” Tambah Wawasan Mahasiswa

Program studi Teknik Sistem Perkapalan (TSP) hari ini mengadakan kuliah tamu online dengan tema “LNG Ship Technology“. Pemateri utamanya yaitu M. Habib C. F., S.T., M.T. yang bekerja di PT. Perta Daya Gas. Tema tersebut merupakan tema unggulan hasil survey kebutuhan mahasiswa. Berdasarkan sambutan Ketua Prodi yaitu Bapak Urip Pryogi, S.T., M.T., kegiatan kuliah tamu dilaksanakan untuk menambah wawasan mahasiswa di luar materi kuliah.

Kegiatan ini merupakan salah satu agenda program kerja Himpunan Mahasiswa Teknik Sistem Perkapalan (HIMASISKAL) yang diketuai oleh Benaya Prasetya mahasiswa TSP angkatan 2019. Kegiatan ini dihadiri total lebih dari 130 peserta dari dalam dan luar kampus. Dari dalam kampus terdapat jajaran dekan, dosen, dan mahasiswa. Dari luar kampus terdapat peserta dari kalangan mahasiswa maupun dari kalangan praktisi. Peserta aktif mengikuti kegiatan hingga akhir sesi.

Kapal LNG merupakan kapal khusus untuk mengangkut Liquid Natural Gas (LNG) untuk kebutuhan gas baik industri maupun nasional. Pada kuliah tamu tersebut, Bapak Habib menjelaskan fundamental teknologi kapal LNG di kapal. Selain itu, beliau juga menjelaskan pentingnya rantai pasok LNG untuk kebutuhan nasional. Eksistensi kapal LNG di dunia juga beliau sampaikan untuk menambah wawasan mahasiswa dan peserta.

Selama kegiatan kuliah tamu, peserta cukup antusias menghadiri kegiatan. Di akhir kegiatan, mahasiswa dan dosen aktif memberikan pertanyaan kepada pemateri. Pemateri pun menjawab semua pertanyaan dengan jawaban yang cukup memuaskan dengan disertai pengalaman pemateri di lapangan selama bekerja. Kegiatan ini selain menambah wawasan juga menambah kepercayaan diri mahasiswa untuk bersaing menguasai teknologi di dunia maritim.

Leave a Reply