Rapat Kerja Kurikulum Baru, Semangat Baru

Beberapa hari yang lalu (27-29 Januari 2022), Prodi Teknik Sistem Perkapalan melakukan kegiatan penyusunan kurikulum baru bersama berbagai prodi FTIK dalam kegiatan Outlook Review FTIK 2021-2023 di Royal Tretes View Hotel & Convention. Kurikulum yang disusun merupakan kurikulum yang berbasis Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan berorientasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Kegiatan tersebut diinisiasi oleh dekanat FTIK yang kemudian disepakati bersama oleh seluruh prodi di FTIK.

Beberapa agenda lainnya juga diselenggarakan seperti evaluasi rencana strategis penelitian FTIK dan konsolidasi fakultas. Berbagai prodi memberikan masukan dan arahan terkait pelaksanaan rencana strategis. Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh rektor dan berbagai pejabat rektorat. Sehingga, kegiatan tersebut menghasilkan outcome yang cukup komprehensif. Selain itu, kegiatan ditutup dengan konsolidasi fakultas berupa upgrading kekompakan dan kerjasama antar elemen di fakultas.

Kegiatan tersebut merupakan agenda strategis yang penting untuk kemajuan seluruh prodi di FTIK. Adanya kurikulum baru ini memberikan harapan terhadap kesuksesan para mahasiswa sebagai objek dari agenda ini. Di sisi lain, mahasiswa juga perlu menyesuaikan kurikulum tersebut sehingga nantinya akan ada ekuivalensi bagi mahasiswa transisi kurikulum. Hasil rancangan kurikulum tersebut rencananya akan siap diaplikasikan akhir tahun ini.

Leave a Reply